STRATEGI EFEKTIF MENGATASI STRESS – 2

mengatasi stress
Mengatasi Stress – Ilustrasi, doc

JANGAN PERNAH BERPIKIR NEGATIF TENTANG DIRI ANDA | Stress – seperti yang sudah kita ketahui bersama hanyalah sebuah keadaan yang disebabkan oleh faktor luar, sehingga mengakibatkan diri kita ada dalam sebuah tekanan mental dan emosional. Tekanan mental dan emosional yang terjadi pada diri kita, dapat kita kelola menjadi tekanan mental dan emosional yang menguntungkan kita atau akan menjadi tekanan mental dan emosional yang merugikan kita.

Keputusan atas dua pilihan keadaan tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab kita. Artinya, apakah stress yang kita alami akan menjadi stress yang menguntungkan atau akan menjadi stress yang merugikan, itu semua tergantung pada keputusan dan sikap kita dalam merespons dari keadaan stress tersebut.

Dari apa yang saya amati dan saya pelajari terhadap klien-klien saya sejak tahun 2000, ternyata dapat saya simpulkan bahwa kebanyakan orang merespons stress atas dirinya dengan respons negatif. Bahkan kebanyakan diantara mereka merespons stress dengan berpikir bahwa dirinya tidak cukup baik dalam mengatasi suatu masalah yang sedang dihadapinya. Ini dapat dilihat dari kebanyakan orang yang dengan mudah sekali mengeluh atas suatu masalah di setiap aspek bidang kehidupannya.

Seorang filsuf Epictetus mengatakan:
“Manusia mudah sekali terganggu bukan oleh hal-hal yang terjadi, tapi mudah terganggu oleh pandangan mereka sendiri atas hal-hal yang terjadi.”

Artinya, kebahagiaan yang Anda inginkan yang datang dari dalam diri Anda sendiri, tidak akan dapat Anda nikmati jika saja Anda masih suka berpikir negatif tentang diri Anda. Tidak ada orang yang lebih baik daripada yang lain.

Jadi untuk menjadikan diri Anda tetap merasa bahagia dalam keadaan apa pun juga, maka mulai dari sekarang bersikaplah untuk selalu mengatakan: “Saya baik-baik saja.”

 

BACA JUGA: BERPIKIR POSITIF (BAGIAN 1)

 

Sikap ini akan membuat batin bawah sadar Anda mendapatkan asupan yang positif dari pikiran Anda. Sehingga hal tersebut akan memampukan potensi-potensi yang ada di dalam diri Anda sesuai dengan sangkaan Anda, yang menyatakan bahwa diri Anda “baik-baik saja”.

Jangan menganggap diri Anda tidak cukup baik, lihatlah kembali daftar kelebihan yang ada di dalam diri Anda yang sudah Anda buat dalam latihan strategi pertama. Lihatlah dengan jelas, dan cobalah untuk merasakan betapa hebatnya Anda dengan kelebihan yang Anda miliki. Ingatlah kembali peristiwa-peristiwa yang melibatkan kelebihan Anda dalam melakukannya.

Anda akan takjub pada diri Anda sendiri bahwa ternyata Anda tidaklah serendah yang Anda sangkakan kepada diri Anda sendiri. Anda akan sadar bahwa ternyata Anda cukup baik dalam merespons setiap masalah yang hadir dalam kehidupan Anda. Anda akan sadar bahwa ternyata Anda memunyai potensi yang cukup baik untuk selalu dapat menemukan solusi atas suatu masalah, di setiap aspek bidang kehidupan karena kelebihan yang Anda miliki tersebut.

Jadi, jangan sekali-kali Anda coba meragukan kemampuan Anda. Katakanlah selalu bahwa Anda dapat melakukannya walaupun Anda belum tahu bagaimana caranya.

Jika belum apa-apa Anda sudah menyatakan bahwa diri Anda tidak sanggup, maka pekerjaan yang mudah untuk dikerjakan pun akan terlihat sulit di mata Anda. Di dalam diri Anda terdapat segudang potensi diri yang dapat Anda akses kapan saja untuk menyelesaikan masalah apa saja. Yang perlu Anda lakukan adalah untuk selalu berpikir dan bersikap bahwa Anda memunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah apa pun, yang hadir dalam kehidupan Anda.

Dengan menganggap diri Anda mampu saja sudah menjadikan masalah yang Anda hadapi terselesaikan 25%. Jadi sikap tersebut sangat membantu Anda dalam mempermudah diri Anda dalam menemukan solusi yang tepat atas masalah Anda. Dan jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang tertanam di dalam diri Anda, maka kebahagiaan tak bersyarat akan dapat Anda nikmati, karena nantinya Anda akan menyadari bahwa ternyata semua masalah itu ada jawabannya.

Dan ternyata jawabannya ada di dalam diri Anda sendiri.

Ketahuilah bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Hal ini berlaku bukan hanya untuk fisik saja tapi juga beserta potensi yang ada di dalam diri kita. Lihatlah di sekeliling kita saat ini, ada orang yang dapat melukis dengan jari kakinya walaupun kedua tangannya tidak ada sejak lahir. Lihat lagi ada orang yang menjadi montir motor paling baik didaerahnya walaupun tidak dapat melihat karena kecelakaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dapatkah Anda memerikannya?

Orang-orang tersebut secara lahiriah berbeda dari yang lainnya. Tetapi mereka tidak mengeluh atas “kekurangan” mereka. Mereka malah selalu berkata bahwa dirinya baik-baik saja dan mereka menyatakan bahwa mereka memunyai hak yang sama dengan kebanyakan orang dalam berkarya.

Bagaimana menurut pandangan Anda?

Ya, sebagai rasa syukur kita atas apa yang diberikan Tuhan kepada kita hingga saat ini, maka nikmatilah kebahagiaan tanpa syarat yang abadi yang datang dari dalam diri kita sendiri dengan tidak berpikir negatif tentang diri kita sendiri.

Jangan pula menganggap diri kita tidak cukup baik dalam melakukan suatu pekerjaan atau dalam memecahkan suatu masalah. Jangan pula meragukan kemampuan kita sebagai manusia yang berpikir, karena di dalam diri kita terdapat banyak potensi yang dapat mengantarkan kita meraih kebahagiaan yang kita idamkan.

Dan agar kita tidak terjebak masuk ke dalam lubang stress yang merugikan, maka cobalah untuk tidak menceritakan tentang hal-hal apa yang menjadi kekurangan kita kepada orang yang tidak tepat untuk mendengarkannya.

Lakukan hal ini, maka kebahagiaan tak bersyarat dapat kita rasakan.

Latihan Strategi 2

Buatlah daftar kalimat-kalimat negatif yang sering Anda ungkapkan dalam kehidupan Anda, yang berkaitan dengan setiap masalah di setiap aspek bidang kehidupan Anda.

Misalnya saja Anda sering mengatakan:
 “Aku tidak sanggup melakukannya…”
 “Aku lelah hari ini…”
 dan sebagainya…

Buatlah sejujur mungkin dan sebanyak mungkin yang Anda ingat yang sudah menjadi kebiasaan Anda sehai-hari.

Setelah daftar tersebut selesai Anda buat, sekarang, tepat di sisi sebelahnya Anda tulis kalimat-kalimat yang menjadi lawan kata dari kalimat-kalimat negatif yang sering Anda ungkapkan tersebut.

Misalnya saja:
 “Aku sanggup melakukannya…”
 “Aku bugar hari ini…”
 dan sebagainya…

Jika sudah selesai, maka mulai dari sekarang, jalanilah kehidupan Anda dengan ungkapan-ungkapan yang ada di sisi sebelah kanan atau ungkapan-ungkapan yang positif.

Katakanlah ungkapan-ungkapan tersebut sesering mungkin sehingga seperti puisi kehidupan dalam diri Anda, seburuk apa pun situasinya, sesulit apa pun keadaan yang sedang Anda hadapi.

Lakukanlah hal ini hingga menjadi sebuah kebiasaan dalam hidup Anda, maka Anda akan mendapatkan kebahagiaan yang datang dari dalam diri Anda sendiri.

Salam hangat dari saya untuk Anda dan keluarga Anda dimana pun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERGABUNGLAH BERSAMA 300 LEBIH SAHABAT VIP ALBRIMA.
DAPATKAN INFORMASI TERBARU KAMI & NIKMATI BENEFIT DI DALAMNYA