STRATEGI EFEKTIF MENGATASI STRESS – 1

mengatasi stress
Mengatasi Stress – Ilustrasi, doc

KETAHUILAH LEBIH BANYAK TENTANG DIRI ANDA | Dalam kehidupan ini, dari sudut pandang ‘Tabula Rasa’, ada satu hal yang cukup menarik untuk kita cermati bersama bahwasannya ternyata kita sebagai manusia, termasuk Anda dan saya, ketika dilahirkan ke dunia ini ada dalam keadaan bebas dan seimbang.

Itulah keadaan yang kita miliki saat kita dilahirkan ke dunia ini. Tidak ada pengaruh dari siapa pun, tidak terpengaruh oleh hal apa pun. Kita begitu polos, yang ada dalam diri kita hanyalah apa yang menjadi fitrah atas diri kita. Yang ada dalam diri kita hanyalah kecenderungan atas hal-hal yang baik. Kita adalah diri kita yang sesungguhnya.

Tetapi seiring berjalannya waktu, kita pun mulai tumbuh dan berkembang. Kita mulai berpikir, merespons, dan merekam hal-hal yang ada dan terjadi di sekeliling kita. Sebagian dari diri kita mulai dibentuk oleh orang tua kita, lingkungan kita, dan informasi-informasi yang kita dapatkan.

Tanpa kita sadari, kita menjadi tidak bebas dan seimbang. Kita mulai hidup dengan kekhawatiran dan ketakutan yang dihembuskan orang tua kita, melalui kata-kata yang terekam di dalam pikiran kita, seperti:

  • “Jangan pegang itu, nanti pecah…”
  • “Jangan pergi sendirian, banyak penculik di luar sana…”
  • Ayo cepat makan, kalau ga makan nanti di makan tikus…”
  • dan sebagainya…

Atau kekhawatiran dan ketakutan yang secara sengaja atau tidak sengaja oleh orang-orang yang ada di sekitar Anda hembuskan, seperti:

  • “Wah, jangan kerja di Perusahaan itu, gajinya kecil dan tidak ada tunjangan, lebih baik cari Perusahaan lain aja.”
  • “Coba deh pakai produk ini biar nanti memasuki usia senja kulit wajah kita tetap terlihat muda.”
  • dan lain sebagainya

Waktu terus berjalan, perlahan tapi pasti, kita mulai menjadi apa yang diinginkan lingkungan kita. Kita kuliah di Fakultas Kedokteran karena dorongan kuat hirarki keluarga, padahal kita ingin sekali kuliah di Fakultas Ekonomi. Kita bekerja untuk suatu instansi atau perusahaan karena dorongan lingkungan yang mengatakan bahwa menjadi seorang Pengusaha itu penuh dengan resiko kerugian, padahal kita ingin sekali menjadi seorang Pengusaha. Kita menikah karena keinginan orang tua akan hadirnya seorang cucu…dan sebagainya.

Hal-hal seperti ini atau yang lebih dikenal dengan istilah Determinisme terus-menerus memasuki pikiran kita hari demi hari, bulan demi bulan, bahkan hingga tahunan dan puluhan tahun. Dan tanpa kita sadari pemikiran tersebut kita teruskan lagi kepada keturunan-keturunan kita.

Tidak.

Kita tidak harus seperti itu.

Kita tidak harus selalu merespons hal-hal yang dapat menghilangkan jati diri kita yang sebenarnya. Ketahuilah bahwa setiap orang, termasuk Anda, adalah individu yang unik, baik di masa lalu, masa sekarang, atau pun di masa yang akan datang.

Ya, Anda adalah individu yang unik. Anda memunyai ciri yang khas yang mencerminkan diri Anda. Anda memunyai sesuatu hal yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tetapi sayangnya, kebanyakan orang justru kehilangan hal tersebut. Kebanyakan orang tidak mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Kebanyakan orang tidak dapat lagi melihat ke dalam dirinya untuk menemukan jawaban siapa dirinya yang sebenarnya. Kebanyakan orang telah kehilangan kepribadiannya.

Tentu saja hal ini tidak akan Anda inginkan, karena ketika hal itu terjadi, maka Anda sudah masuk ke dalam zona stress yang merugikan. Dan pilihannya hanya satu yaitu keluar dari zona tersebut untuk kemudian Anda cegah kemungkinan-kemungkinan yang dapat membawa Anda kembali masuk ke dalam zona tersebut.

Untuk merasakan kebahagiaan tanpa syarat, maka kebahagiaan itu harus datang dari dalam diri Anda, bukan sesuatu yang ada di luar diri Anda. Dan untuk dapat meraih hal tersebut, Anda harus keluar dari zona stress yang merugikan. Dan salah satu strategi untuk mewujudkan hal itu adalah suatu keadaan di mana Anda mengetahui lebih banyak tentang diri Anda sendiri.

Kita semua adalah makhluk yang secara esensial memunyai kehendak. Kuasa atas kehendak ini sudah kita miliki sejak pertama kali kita dilahirkan ke dunia ini. Bukan hanya itu, kuasa kita dalam berkehendak meliputi kehendak kita atas apa yang kita sukai dan kemampuan memilih atas apa yang dikehendakinya.

 

BACA JUGA: CARA RELAKSASI DI TEMPAT KERJA

 

Saya meyakini, bahwa semua manusia di dunia ini memunyai kehendak atas hal-hal yang secara esensial adalah kebaikan.

Bahkan seorang penjahat sekali pun, di kedalaman jiwanya, ia menghendaki kebaikan atas dirinya. Hanya saja kebaikannya ada dalam kebaikan yang semu, yang mana kebaikan ini tidak dapat dimasukkan ke dalam objek kehendak.

Kebaikan yang sesungguhnya merupakan objek kemauan, yang menjadikan diri manusia memiliki kecenderungan untuk bergerak ke arah kebaikan di dalam dirinya sendiri. Hanya saja ada manusia yang sudah mengenal dirinya secara lengkap dan ada manusia yang belum mengenal dirinya secara lengkap.

Keadaan ini membawa kita pada satu arahan, bahwa sebagian orang menjadikan kuasa kehendaknya atas kebaikan di dalam dirinya, dan sebagian lagi menggunakan kuasa kehendaknya ke arah yang berlawanan. Dan keadaan ini membawa satu pesan penting bagi kita semua, bahwa manusia secara absolut, di dalam dirinya memunyai keinginan untuk merasakan kebahagiaan tanpa batas, tanpa syarat.

Sebagai contoh, misalnya saja ada seseorang yang membutuhkan Anda. Saat Anda memberikan bantuan kepadanya, maka bantuan yang Anda berikan merupakan objek kebaikan.

Muncul pertanyaan:
“Jika yang saya berikan merupakan objek kebaikan, pada titik mana dalam diri saya dapat merasakan kebahagiaan atas objek kebaikan saya tersebut?”

Jawabannya terletak pada Nilai yang mengikuti objek kebaikan Anda.

Nilai disini berupa afeksi atau perasaan yang muncul dalam diri Anda saat Anda memberikan bantuan kepada orang tersebut. Jadi disini Anda dapat mengetahui bahwa dua orang yang memberikan sesuatu atas tujuan yang sama, belum tentu di dalam dirinya memunyai nilai yang sama atas apa yang diberikannya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa inti dari objek kebaikan adalah nilai yang mengikutinya.

Anda adalah pemimpin atas diri Anda sendiri. Karena itu pimpinlah diri Anda dengan martabat dan harga diri. Jujurlah pada diri Anda sendiri. Kebahagiaan yang Anda dapatkan dari luar diri Anda bukanlah kebahagiaan yang sesungguhnya, karena seiring dengan berjalannya waktu, kebahagiaan tersebut akan sirna.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Mulailah dengan mengetahui lebih banyak tentang diri Anda. Luangkanlah waktu untuk dapat memahami siapa diri Anda sebenarnya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan kembali apa yang menjadi fitrah Anda. Anda akan dapat menikmati kebahagiaan yang tidak bersyarat, kebahagiaan yang abadi.

Hanya dengan melakukan hal ini saja Anda dapat merasakan betapa nikmatnya kehidupan Anda yang sebenarnya. Jadi, ketahuilah lebih banyak tentang diri Anda, maka Anda akan bahagia selamanya.

 

Latihan Strategi Mengatasi Stress

Buatlah daftar atas hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda selama ini. Buatlah diri Anda sebebas mungkin dalam mengungkapkannya. Jika perlu mintalah bantuan teman-teman Anda yang bersikap netral untuk memberikan penilaian tentang diri Anda.

Setelah itu fokuskanlah diri Anda atas apa yang menjadi kelebihan Anda dan luangkanlah waktu setiap harinya untuk mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan diri Anda, untuk kemudian Anda lakukan perubahan secara bertahap atas apa yang menjadi kekurangan pada diri Anda tersebut.

Kemudian, identifikasikanlah apa yang menjadi kebahagiaan bagi Anda dan sinkronisasikan antara daftar kelebihan/kekuarangan Anda dengan kebahagiaan yang Anda idamkan yang datang dari dalam diri Anda sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah kelebihan/kekurangan Anda sudah selaras dengan pencapaian kebahagiaan yang Anda rasakan saat ini atau belum. Dan hal ini juga dilakukan dalam memeriksa apa potensi diri Anda yang sebaiknya Anda kembangkan dalam mencapai apa yang Anda inginkan atas suatu tujuan dalam hidup Anda.

Lakukanlah hal ini terus-menerus hingga terjadi hubungan yang kuat antara pemahaman tentang diri Anda dan kebahagiaan yang datang dari dalam diri Anda sendiri.

Lakukanlah sekarang!

Maka kebahagiaan yang sesungguhnya akan menjadi milik Anda selamanya.

 

Salam hangat dari saya untuk Anda dan keluarga Anda dimana pun berada.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERGABUNGLAH BERSAMA 300 LEBIH SAHABAT VIP ALBRIMA.
DAPATKAN INFORMASI TERBARU KAMI & NIKMATI BENEFIT DI DALAMNYA