Cara Mudah Relaksasi di Tempat Kerja

Disadari atau tidak, sehat dan tidaknya diri Anda sangat ditentukan sekali oleh keharmonisan dalam tubuh, pikiran, dan jiwa Anda. Ketika dalam tubuh, pikiran, dan jiwa Anda ada dalam ketidakharmonisan disebabkan oleh hal apa pun juga, akan menjadikan Anda masuk ke dalam zona stress.

Misalkan saja tubuh Anda terasa fit, juga dengan jiwa Anda yang merasa baik pada hari tersebut. tapi, tiba-tiba saja pikiran Anda mengkhawatirkan sesuatu terkait dengan pekerjaan Anda, maka hal tersebut menjadikan diri Anda ada dalam ketidakharmonisan tubuh, pikiran, dan jiwa Anda.

Akibatnya, Anda masuk ke dalam zona stress yang merugikan.

Jiwa Anda mulai tidak tenang, sehingga sikap Anda mulai berubah, mulai dari hilangnya selera makan misalnya, yang akhirnya menjadikan tubuh Anda mengalami keadaan sakit.

Agar Anda dapat tetap menjaga keharmonisan tubuh, pikiran, dan jiwa Anda, maka latihan berikut ini dapat memberikan Anda suatu hasil yaitu adanya sistem yang dibentuk dalam diri Anda untuk tetap dapat menjaga keharmonisan tubuh, pikiran, dan jiwa Anda tersebut.

“Bersandarlah di kursi tempat kerja Anda dengan posisi tubuh se-relax mungkin yang bisa Anda dapatkan. Tutuplah mata Anda secara perlahan, atur napas dengan teratur dan fokuskan perhatian Anda atas detak jantung Anda.”

“Fokuskan perhatian secara perlahan tapi pasti atas detak jantung Anda.”

“Mulailah menyingkirkan satu per satu suara yang Anda dengar selain suara detak jantung Anda.”

“Dapatkah Anda melakukannya?”

“Dapatkan Anda merasakannya?”

“Rasakan detakannya.”

“Apakah detak jantung Anda terasa dengan detakan yang pelan, sedang, atau kencang, rasakanlah dengan konsentrasi penuh atas keadaan tersebut.”

“Sekarang, dengan pikiran Anda, alirkan detakan tersebut ke seluruh aliran darah di dalam tubuh Anda, sehingga seluruh aliran darah yang ada pada tubuh Anda benar-benar memunyai satu irama detakan yang persis sama dengan irama detakan jantung Anda.”

“Fokuskan terus-menerus pikiran Anda untuk mengalirkan irama detakan jantung Anda ke seluruh aliran darah dalam tubuh Anda.”

Lakukan terus selama kurang lebih 5-20 menit, dan setelahnya buka mata Anda secara perlahan, rasakan kenyamannya, dan gerak-gerakkan jari-jari tangan Anda secara perlahan.

Bangunlah dari relaksasi Anda, dan beraktivitaslah seperti biasanya.

Salam sehat dari saya, sampai jumpa di topik-topik lainnya.

Leave a Reply