Cara Mudah Memotivasi Diri Anda

Motivasi dalam diri manusia sifatnya fluktuatif, kadang meningkat kadang menurun. Dan yang bertanggung jawab atas naik turunnya motivasi dalam diri kita adalah diri kita sendiri. Kita tidak bisa menyalahkan keadaan di luar diri kita atas apa yang tidak kita harapkan terjadi. Menjaga motivasi dalam diri kita adalah hal yang penting, agar kita tidak terjebak ke dalam stress yang merugikan apalagi dalam beberapa kasus seseorang yang kehilangan motivasi hidupnya bisa masuk ke dalam keadaan depresi, lebih jauhnya lagi bisa mendorong seseorang untuk melakukan bunuh diri.

Depresi adalah gangguan suasana hati yang lebih dari perasaan sedih. Seseorang yang mengalami depresi akan merasa tidak termotivasi, putus asa dan kehilangan minat pada aktivitas sehari-hari. Gangguan suasana hati tersebut baru bisa didiagnosis sebagai gangguan depresi jika gejalanya bertahan selama setidaknya dua minggu dan mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Selain mengalami masalah emosional, orang yang didiagnosis depresi dapat mengalami gejala fisik seperti nyeri kronis dan masalah pencernaan.

Adapun kriteria diagnostik/gejala depresi adalah sebagai berikut:

– Suasana hati atau mood mengalami penurunan hampir sepanjang hari hingga setidaknya selama dua minggu.

– Adanya penurunan minat dalam aktivitas sehari-hari.

– Walau tidak sedang melakukan program diet, berat badan mengalami penurunan yang signifikan.

– Terindikasinya permasalahan tidur baik insomnia atau hypersomnia yang dialami hampir setiap hari.

– Penurunan kemampuan berpikir dan gerakan melamban (berdasarkan pengamatan orang lain, bukan perasaan subyektif).

– Mengalami kelelahan dan kehilangan energi hampir setiap hari.

– Merasa tidak berharga atau rasa bersalah yang berlebih.

– Kesulitan berkonsentrasi dan berkurangnya kemampuan berpikir.

– Sering memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup.

Di sinilah peran motivasi diri diperlukan.

Dengan motivasi yang besar maka akan mendorong seseorang untuk terus bertindak untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan. Sayangnya, banyak orang yang justru gagal untuk meraih cita-cita akibat motivasi yang kian hilang.

Jika Anda ingin kembali meningkatkan motivasi, berikut ini adalah kiat meningkatkan motivasi diri :

a. Hadapi Rasa Takut dan Ragu

Rasa takut dan ragu yang berlebihan merupakan penghalang terbesar dalam mewujudkan cita-cita seseorang. Jika ini terjadi maka bisa mengikis habis motivasi yang sudah Anda miliki sebelumnya. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk melawan rasa takut tersebut adalah dengan cara melawan rasa takut itu sendiri.

b. Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Motivasi Tinggi

Anda harus percaya bahwa orang-orang yang ada di sekitar anda akan memberikan atmosfer yang bisa berpengaruh terhadap diri anda sendiri. Bergaullah Anda dengan orang-orang yang positif. Hindari bergaul dengan orang-orang yang negatif, yang sering mengeluh tentang hidup, yang sering menyalahkan keadaan, atau yang sering membuat alasan-alasan atas tidak tercapainya pencapaian dirinya.

c. Berpikir Positif Atas Setiap Keadaan

Jangan pernah takut untuk mengambil tindakan jika menurut Anda tindakan tersebut sudah tepat. Setiap keputusan memang memiliki resiko, meskipun demikian dengan selalu berpikir positif maka Anda akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan. Dengan selalu berpikir positif, maka akan memberikan motivasi yang besar untuk perjalanan hidup anda dalam mencapai kesuksesan. Apa pun keadaan Anda saat ini, selama Anda komitmen dengan tujuan pencapaian Anda di masa depan, maka kesuksesan pencapaian tersebut pasti akan Anda raih.

Selalu berpikir positif akan sangat membantu Anda untuk kembali mendapatkan motivasi Anda. Ketika Anda mulai kehilangan motivasi Anda, hal tersebut pastinya disebabkan oleh keraguan Anda dalam meraih mimpi. Itulah sebabnya ketika motivasi Anda mulai luntur maka sudah seharusnya Anda kembali berpikir positif sehingga motivasi Anda yang hilang bisa bangkit lagi.

d. Komitmen Atas Visi Hidup Anda

Ketika Anda sudah mulai down, mengingat kembali tujuan utama Anda akan menjadi motivasi yang sangat luar biasa. Poin ini merupakan kiat meningkatkan motivasi diri ketika semangat Anda mulai turun. Dengan mengingat kembali banyak hal yang telah Anda cita-citakan maka sangat diharapkan bisa mengembalikan semangat Anda dalam berusaha.

e. Bercita-Cita

Cita-cita adalah harapan yang tidak bisa dianggap sepele. Banyak orang yang telah berhasil setelah bertahun-tahun menyimpan cita-citanya. Dengan impian cita-cita yang terus disimpan akan menjadi energi tersendiri sehingga bisa meningkatkan motivasi.

f. Be Happy!

Segala hal yang dilakukan dengan senang hati dapat menjadi motivasi tersendiri bagi Anda. Hal ini sangat tepat untuk anda terapkan sebagai kiat meningkatkan motivasi diri. Ketika Anda mengerjakan sesuatu dengan senang hati maka pastinya Anda akan lebih bersemangat.

Motivasi diri merupakan faktor yang penting untuk mendukung seseorang dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita yang dimiliki. Tanpa motivasi, maka seseorang tidak lagi mempunyai semangat dalam menjalankan banyak hal terutama hal-hal yang berkaitan dengan apa yang dicita-citakan tadi. Itulah sebabnya, siapapun Anda yang ingin berhasil dalam mencapai cita-cita maka sebaiknya anda tidak membiarkan ketika semangat Anda mulai hilang. Hal yang harus Anda lakukan ketika motivasi anda mulai turun, maka Anda perlu melakukan kiat meningkatkan motivasi diri. Melalui beberapa kiat tersebut, diharapkan Anda akan kembali mendapatkan semangat Anda yang mulai luntur.

Tetap semangat dalam setiap keadaan.

Salam hangat dari saya untuk Anda dan keluarga Anda dimana pun Anda berada.

Leave a Reply