Berpikir Positif Dalam Segala Hal (Bagian 2)

Ya, memang benar bahwasannya berpikir positif dan berpikir negatif adalah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Dengan kata lain, Anda dapat berpikir positif disebabkan Anda tahu apa itu berpikir negatif.

Begitu juga sebaliknya, Anda dapat dikatakan sedang berpikir negatif disebabkan Anda tahu sisi pemikiran positif dalam diri Anda.

Tapi sayangnya, kebanyakan orang seringkali lebih mudah untuk berpikir negatif dibandingkan dengan berpikir positif. Padahal ketika Anda sedang berpikir negatif, energi dalam diri Anda terkuras sangat besar sekali, dan lebih dari itu energi yang terkuras tersebut tidaklah akan menghasilkan sesuatu yang positif bagi diri Anda.

Lain halnya ketika Anda sedang berpikir positif.

Ketika Anda sedang berpikir positif, Anda tidak akan kehilangan energi dalam diri Anda. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan energi dari dalam diri Anda sehinga Anda akan diberdayakan oleh energi tersebut.

Anda akan menarik orang-orang yang positif untuk dekat dengan Anda. Anda akan menarik hal-hal positif yang masuk ke dalam diri Anda. Dan tentunya Anda akan menarik kejadian-kejadian positif yang dapat Anda alami di sepanjang waktu.

Dengan demikian, pada dasarnya untuk berpikir positif adalah sama mudahnya dengan ketika Anda berpikir negatif. Hanya saja untuk menjadikan Anda terbiasa berpikir positif, Anda harus terlebih dulu mengendalikan atau bahkan membatalkan setiap pemikiran negatif yang muncul dalam benak Anda.

Dan untuk menggantikan pemikiran negatif yang ada di dalam diri Anda, Anda harus lebih banyak memasukkan pemikiran positif ke dalam diri Anda. Sehingga pikiran positif akan mendominasi area berpikir Anda di sepanjang hari.

Untuk lebih memahami proses yang saya maksud, akan saya berikan sedikit ilustrasi mengenai hal ini.

Bayangkan oleh Anda di dalam sebuah gelas bening yang mempunyai kapasitas isi air 200 ml terdapat cairan lemak jenuh sebanyak 30 ml. Tujuan Anda sekarang adalah bagaimana membersihkan cairan lemak yang ada di dalam gelas tersebut hingga benar-benar hilang tanpa ada satu tetes pun cairan lemak di dalam gelas tersebut tanpa harus Anda menyentuh dari gelas bening tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut, ada banyak sekali cara yang dapat Anda gunakan, tapi kita akan gunakan dengan cara yang sudah cukup Anda kenali juga.

Yang akan kita lakukan adalah dengan menuangkan air bening – air hangat kuku akan lebih baik – ke dalam gelas yang berisi cairan lemak tersebut.

Pada awalnya air bening yang Anda tuangkan tersebut akan bercampur dengan cairan lemak yang ada, tapi Anda teruskan untuk menuangkannya hingga air dalam gelas menjadi luber.

Anda tidak perlu khawatir, teruskan saja menuangkannya air bening tersebut, dan akan Anda lihat bahwa air luberan pada gelas tersebut akan membawa serta cairan lemak yang ada. Dan lama-kelamaan, isi dari gelas tersebut hanyalah air bening tanpa ada satu tetes pun dari cairan lemak yang tertinggal.

Itulah yang juga terjadi di dalam pikiran Anda.

Misalkan saja di dalam pikiran Anda telah beredar dominasi pikiran negatif di sepanjang hari ini, maka untuk menggantikan program tersebut dengan dominasi pemikiran positif, Anda harus terus mengisi pikiran Anda dengan pemikiran-pemikiran positif hingga pada satu titik hanya ada pemikiran positif di dalam pikiran Anda.

Untuk membersihkan cairan lemak di dalam seperti ilustrasi di atas, Anda akan membutuhkan waktu yang cukup hingga benar-benar gelas tersebut hilang dari pengaruh cairan lemak yang ada.

Begitu juga dengan pikiran Anda, perlu waktu yang cukup untuk menggantikan progam negatif dalam pikiran, terutama dalam hal ini atas keadaan pencapaian diri Anda dalam kehidupan yang Anda jalani. Apalagi jika selama ini Anda lebih banyak berpikir negatif atas keadaan diri Anda. Anda perlu membiasakan diri untuk terus berpikir positif dalam setiap keadaan diri Anda saat ini, apa pun keadaannya.

 

Lalu bagaimana cara mengubah kebiasaan berpikir negatif dengan kebiasaan berpikir positif?  

 

Nantikan jawabannya di bagian ke-3 dari judul artikel ini.

 

Salam sukses untuk anda di mana pun anda berada.

 

 

Leave a Reply